Keterampilan yang Harus Dimiliki Karyawan - Naise ID

Sunday, September 23, 2018

Keterampilan yang Harus Dimiliki Karyawan

Di masa depan, mungkin tempat kerja akan semakin penuh dengan robot dan pekerjaan yang menggunakan sistem otomatisasi. Lantas bagaimana nasib manusia yang menjadi pekerja?

Keterampilan yang Harus Dimiliki Karyawan

Untuk dapat bersaing di era teknologi saat ini dan masa depan, berikut adalah skill yang harus kamu miliki.

1. Keterampilan teknis tingkat lanjut


Kemajuan teknologi dalam robotika dan pencetakan 3D dapat membantu industri manufaktur dan menggantikan tenaga kerja berketerampilan rendah. Menurut World Economic Forum, robot tengah ditingkatkan mulai dari ketangkasan dan kecerdasannya, yang tentunya akan lebih praktis daripada kerja manusia di bidang manufaktur serta pekerjaan yang bersifat layanan seperti pembersihan dan pemeliharaan. 

Karena itu, penting bagi pekerja manusia untuk mempelajari keterampilan baru. Hanya mereka yang terus mau belajar dan meningkatkan keterampilannya yang akan bertahan dengan segala bentuk persaingan.

2. Kreativitas


Kegiatan yang paling sulit untuk diotomatisasi dengan teknologi saat ini adalah kerja kreatif. Selain itu juga tugas-tugas yang melibatkan pengembangan orang, serta pengambilan keputusan dan perencanaan.

Kay Vasey, pendiri dan Chief Connecting Officer dari MeshMinds (investor di teknologi kreatif) berpendapat bahwa kreavitas adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh pekerja masa depan karena ini bukan sesuatu yang mudah dimiliki robot.

Vasey juga mengatakan bahwa kreativitas penting dalam proses inovasi. Tanpa berpikir kreatif, proses komputasi yang menggerakkan teknologi tidak akan berkembang terlalu jauh. Ia menambahkan bahwa pekerja harus memainkan peran aktif dalam memahami bagaimana teknologi dan kolaborasi dengan orang lain dapat meningkatkan kinerja mereka.

3. Keterampilan memecahkan masalah yang rumit


Tidak dapat disangkal bahwa dengan kemajuan dalam AI dan robotika manusia akan semakin bekerja berdampingan dengan mesin. Meskipun benar bahwa mesin dapat memproses data dalam jumlah besar dengan akurasi yang lebih tinggi, kegiatan ini tetap membutuhkan manusia untuk menentukan sasaran yang tepat dan menginterpretasikan hasilnya. Dengan demikian, kemampuan untuk berpikir secara kritis merupakan keterampilan yang harus dimiliki seseorang.

Alih-alih takut akan tergantinya pekerja manusia dengan mesin dan robot, pekerja masa depan harus merangkul teknologi dan bergerak ke arah peningkatan keterampilan mereka mulai sekarang.
Disqus comments